Sunday, 16 December 2018 Salam Pramuka!!

SCOUTECH SUMMIT 2018 : Padukan Wawasan Teknologi Dalam Kepramukaan

Para peserta mendengarkan paparan tentang desain jembatan dari Pramuka ITS dalam SCOUTECH SUMMIT 2018 Region Jawa Barat di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jl. A.H. Nasution 105 Cibiru, Bandung, Minggu (7/1/2018). Dok. Scout.ID

Bandung – Menyambut akan digelarnya Kontes Pramuka Terampil ( KPT) pada bulan Maret 2018 mendatang. Gudep Surabaya 610 dan 611 Pangkalan Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengadakan SCOUTECH SUMMIT 2018.

KPT yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali sejak 2008 lalu. Merupakan perlombaan yang memadukan antara teknologi, pengetahuan umum dan teknik Kepramukaan. Terakhir dilaksanakan pada 2014 dan 2016.

“KPT adalah salah satu kegiatan khas dari Pangkalan dan Racana Pramuka Sepuluh Nopember Surabaya. Semuanya berbasis teknologi dan diperuntukkan bagi pramuka penegak/pandega. Sebelumnya KPT diadakan hanya di wilayah Jawa Timur saja. Untuk KPT 2018, kami berencana mengambangkan area hingga Se-Jawa- Bali,” ujar Lutvi Resti dari Pramuka ITS (Jur. Arsitek) di sela kegiatan sosialisasi SCOUTECH SUMMIT 2018 Region Jawa Barat di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jl. A.H. Nasution 105 Cibiru, Bandung, Minggu (7/1/2018).

Materi yang akan disosialisasikan dalam acara yang diikuti sejumlah pramuka penegak/pandega dari beberapa wilayah se-Jawa Barat ini diantaranya : Pengantar Teknologi Masa Kini, Robotika, Hydromodelling, Water Rocket, Codding, dan Desain Jembatan.

“Karena lingkungan kampus yang berbasis teknologi. Banyak aktifitas kepramukaan kami yang juga berhubungan dengan keteknologian. Karena itu,dengan sosialiasi ini diharapkan para peserta dapat mengembangkan minat dan bakatnya di bidang teknologi,” harap Lutvi.

Selain Kota Bandung, SCOUTECH SUMMIT 2018 akan diadakan pula di beberapa kota/region diantaranya Malang, Yogyakarta, Madiun, Banyumas, Lamongan, Semarang, Jember, dan Surabaya.

“Sebagai pihak fasilitator, kami sangat mendukung sekali dengan kegiatan ini. Selain menjadi ajang silaturahmi antar Universitas. Para anggota pramuka ini nantinya bisa mengembangkan wawasan serta kemampuan mereka dalam hal teknologi yang bermanfaat,” ujar salah satu panitia, Najib Ali Abdul Aziz dari Pramuka UIN SGD yang menyatakan respon setiap peserta dengan kegiatan ini sungguh positif.

Sumber : SCOUT.ID

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *