Sunday, 16 December 2018 Salam Pramuka!!

Scoutech Summit 2018 “Improving Technology, Increasing Mobility”

Gerakan Pramuka merupakan wadah pendidikan non formal yang sedang disoroti saat ini. Oleh karena itu kegiatan kepramukaan harus bersifat dinamis dan dapat mengikuti perkembangan jaman, salah satunya adalah Teknologi.

Scoutech Summit merupakan kegiatan seminar kepramukaan yang berbasis teknologi. Scoutech merupakan singkatan dari kata Scout yang berarti Kepanduan atau Pramuka dan Technology yang berarti teknologi. Jadi Scoutech Summit dapat kita artikan pertemuan Pramuka yang berteknologi. Hal ini merupakan misi besar bagi Racana Sepuluh Nopember Gugusdepan Surabaya 610-611 pangkalan Insitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang notabene mempunyai basis teknologi, untuk mengenalkan teknologi kedalam dunia kepramukaan. Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapa merubah mindset bahwa pramuka tidak hanya bisa tepuk-tepuk, pramuka tidak hanya bisa menyanyi, TETAPI PRAMUKA JUGA BISA BERTEKNOLOGI !

SCOUTECH SUMMIT 2018 yang diselenggarakan di Pramuka UIN SGD, Jl. AH Nasution No.105 Bandung (Kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati), Minggu (7/1/2018). Foto-Dok. PramukaUINSGD

Kegiatan Scoutech Summit diselenggarakan oleh Racana Sepuluh Nopember yang bekerja sama dengan Pramuka yang berpangkalan di perguruan tinggi. Kegiaan ini dilaksanakan di 10 region yang tersebar didaerah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, serta DIY. Region pelaksanaan Scoutech Summit meliputi Region Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Banyumas, Madiun, Malang, Jember, Lamongan, serta Paciran.

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2018 dengan rincian :

  1. Region Surabaya bertempat di Insitut Teknologi Sepuluh Nopember dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2018
  2. Region Bandung bekerja sama dengan Pramuka Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2018
  3. Region Yogyakarta bekerja sama dengan Pramuka Universitas Gadjah Mada dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2018
  4. Region Semarang bekerja sama dengan Universitas Diponegoro dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2018
  5. Region Banyumas bekerja sama dengan Institut Agam Islam Negeri Purwokerto dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2018
  6. Region Malang bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2018
  7. Region Madiun bekerja sama dengan Politeknik Negeri Madiun dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2018
  8. Region Lamongan bekerja sama dengan Universitas Islam Lamongan dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2018
  9. Region Jember bekerja sama dengan Universitas Jember dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2018
  10. Region Paciran bekerja sama dengan Kwartir Ranting Paciran dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2018

Total peserta dalam kegiatan ini mencapai 1435 peserta yang terdiri dari Pramuka Penggalang, Penegak, Pandega, dan Pembina, serta beberapa peserta umum.

Materi dalam kegiatan Scoutech Summit meliputi Pengenalan Teknologi Masa Kini, Pengenalan Robotika, Pengenalan Hydromodelling, Pengenalan Coding, Pengenalan Water Rocket, Pengenalan Desain Jembatan. Materi pertama peserta dikenalkan terlebih dahulu dengan teknologi-teknologi yang sudah ada di dunia dan di Indonesia serta perkembangannya. Kemudian peserta diarahkan pada teknologi yang dibutuhkan Indonesia saat ini. Setelah peserta mengetahui teknologi yang dibutuhkan, peserta diajak untuk mencapai teknologi tersebut dimulai dari hal-hal yang paling mudah yaitu Robotika, Hydromodelling, Coding, Water Rocket, serta Desain Jembatan. Selanjutnya peserta dibagi menjadi kelas-kelas kecil untuk menerima pendalaman materi. (ft)

58 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *