Monday, 11 December 2017 Salam Pramuka!!

Scout Motto

BE PREPARED berarti siap sedia baik fisik maupun mental walaupun harus menghadapi bahaya, untuk menolong orang lain. Semakin banyak ketrampilan kepramukaan yang dimiliki seorang pramuka, seorang pramuka akan semakin siap untuk mengimplementasikan motto tersebut.

Ketika seseorang mengalami kecelakaan, seorang pramuka siap sedia untuk menolong karena telah dibekali ilmu pertolongan pertama. Karena telah dibekali ketrampilan lifesaving, seorang pramuka mampu menolong anak kecil yang jatuh ke sungai. Dengan selalu berlatih, seorang pramuka akan selalu siap sedia untuk melakukan yang terbaik dalam keadaan darurat.

Tapi Baden Powell tidak hanya berfikir mengenai siap sedia ketika terjadi musibah saja. Ide motto BE PREPARED yang dimunculkan Baden Powell memiliki makna bahwa setiap pramuka harus menyiapkan dirinya untuk menjadi warganegara yang berguna dan membantu orang lain menjadi bahagia. Baden Powell ingin setiap pramuka selalu siap sedia untuk bekerja demi segala hal baik yang ditawarkan oleh kehidupan dan pantang menyerah dalam menghadapi segala rintangan yang menghadang.

Siap sedia untuk kehidupan – untuk hidup bahagia dan tanpa perlu merasa kecewa, karena selalu mengusahakan yang terbaik. Itulah pengertian dari Scout Motto.

| Materi Buku Orientasi Kepramukaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *