Wednesday, 18 October 2017 Salam Pramuka!!

Sejarah Gudep

Gugus Depan Surabaya 610 – 611

Sejarah gugus depan 610-611 bermula dari timbulnya keinginan beberapa mahasiswa yang pernah aktif dalam Gerakan Pramuka untuk berkegiatan Kepramukaan di kampus ITS. Beberapa diantaranya adalah Kak Essy Arijoeni, Kak Bangun Moelja S. dan Kak Singgih Setyo S. Kakak-kakak kita berkumpul untuk pertama kali di Perumahan Dosen Blok T-11 (Kediaman Kak Essy). Dalam diskusi yang diadakan di Perumdos T-11 itu, Kakak-kakak kita memaparkan bagaimana keprihatinan Kakak-kakak kita melihat kondisi anak-anak di daerah gebang-keputih. Atas dasar itulah akhirnya Kakak-kakak kita memilih untuk mengadakan kegiatan Kepramukaan di Kampus ITS dengan tujuan mengadakan kegiatan alternatif bagi anak-anak gebang-keputih yang dapat meningkatkan kemampuan mereka.

Usaha untuk mewujudkan keinginan tersebut ternyata mendapat dukungan dari pihak Rektorat ITS, Kwartir Cabang Surabaya dan Kwartir Daerah Jawa Timur. Usaha ini dimulai ketika diadakan latihan perdana pada hari Minggu tanggal 6 Juni 1982, pukul 15.30 WIB. Latihan perdana ini bertempat di sebelah timur kampus Tingkat Satu Bersama (TSB) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Setelah itu latihan secara rutin dijalankan, anggota yang bergabung semakin banyak dan kegiatan partisipasi baik di tingkat Kwartir Cabang, Kwartir Daerah bahkan kegiatan tingkat Nasional diikuti. Keberadaan Gugus Depan Persiapan ITS semakin kokoh dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Rektor ITS No. 1546/PT.12/T/83 tentang Gugus Depan Pramuka di Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Proses menjadi Gugus Depan Resmi dengan mengajukan surat permohonan peresmian dan nomor gugus depan mengandung sejarah yang cukup penting. Surat permohonan tersebut berisi permohonan nomor 610 dan 611 untuk nomor gugus depan, yang bermakna tanggal enam bulan enam (tanggal diadakannya latihan perdana), sedangkan angka 10 dan 11 bermakna tanggal 10 bulan 11 (tanggal peresmian gugus depan).

Setelah dengan persiapan yang cukup, maka akhirya pada tanggal 10 Nopember 1983 bertepatan dengan HUT ITS XXIII, bertempat di Gedung Olahraga (GOR) ITS dilaksanakan peresmian gugus depan oleh utusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Brigjen. Sudirman (Andalan Nasional) atas nama Kwartir Daerah Jawa Timur, ditandai dengan penyerahan bendera Gugus Depan Surabaya 610 kepada Kak Essy Arijoeni dan bendera Gugus Depan Surabaya 611 kepada Kak Sonny Soenarsono, disaksikan oleh utusan Kwartir Cabang Surabaya.

Demikianlah sejarah singkat berdirinya Gugus Depan Surabaya 610-611 yang berpangkalan di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *