Thursday, 23 November 2017 Salam Pramuka!!

Pramuka ITS

Sebagai Pangkalan Gugus Depan

Pramuka ITS sebagai sebuah pangkalan Gugus Depan yang berdomisili di Surabaya dengan nomor Gudep 610 untuk Putri dan 611 untuk Putra sesuai dengan Surat Keputusan Rektor ITS No. 1546/PT.12/T/83 tentang Gugus Depan Pramuka di Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Pramuka ITS mempunyai sejarah yang lengkap dan memiliki satuan lengkap untuk pembinaan dan pendidikan anggotanya. Mulai dari perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak, Racana Pandega, serta Korps Pembina yang turut serta menjadi bagian tak terpisahkan dari Gugus Depan yang lahir sejak 1982 ini.

Pramuka ITS terus berupaya menjadi bagian dari Pramuka Indonesia dengan aktif dalam kegiatan – kegiatan di tingkat Cabang, Daerah, Nasional, dan Internasional serta menjadi bagian dari masyarakat dalam setiap kegiatan yang dijalankan sebagai salah satu bentuk pengabdian dan kepedulian sebagai insan Pramuka.


Sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa

Pramuka merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang selanjutnya disebut UKM ITS dengan kategori bidang khusus. UKM ITS adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang berfungsi sebagai wadah atau komunitas untuk melaksanakan dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang yang bersifat penalaran, minat dan bakat dan kegemaran secara spesifik.

Secara umum UKM ITS memiliki karakteristik sebagai berikut :

  1. UKM ITS merupakan Organisasi Mahasiswa yang memiliki Struktur dan Kepengurusan Organisasi jelas yang disesuaikan dengan minat dan bakat UKM.
  2. UKM ITS mempunyai wewenang penuh untuk mengatur rumah tangga organisasi sendiri.
  3. UKM ITS wajib mematuhi ketetapan-ketetapan MUSTA LMB ITS, Sidang LMB ITS dan Keputusan Ketua LMB ITS yang direkomendasikan oleh forum Dewan Presidium.

Setiap UKM yang ada di ITS memiliki karateristik yang berbeda sehingga memiliki keunikan yang beragam. Banyak kegiatan yang mereka lakukan selain hanya untuk latihan dan tak sedikit yang turut juga mengembangkan membanggakan ITS seperti halnya UKM Pramuka ini.