Wednesday, 18 October 2017 Salam Pramuka!!

Pemanfaatan Sisa Makanan Sebagai Kompos

Banyak yang befikir bahwa sampah sudah tidak ada manfaatnya lagi. Kebanyakan dari orang-orang membuang sampah begitu saja tanpa memikirkan bahwasanya sampah tersebut masih bisa di olah menjado bentuk lain yang bermanfaat bagi kita.

Tiap hari, kita menghasilkan sampah organik, salah satunya berasal dari sisa makanan. Mungkin sampah ini memang menjijikkan, tapi tunggu dulu, dengan sedikit sentuhan. Sampah dari sisa makanan ini bisa dimanfaatkan sebagai komppos lho…

Kak Pram Jelaskan Proses Pengolahan Sampah

Apa aja sih yang dibutuhkan?

Yaps, yang kita butuhkan antara lain takakura (semacam keranjang), kompos yang sudah jadi, bantal sekam dan yang pasti sampah sisa makanan itu sendiri.

Gimana cara membuatnya?

Cara membuat kompos ini gampang banget kok, pertama siapkan bahan bahan dan peralatan yang di sebutkan diatas. Selanjutnya masukkan kompos yang sudah jadi ini, kedalalam takakura.

Lhoh, kok kita mau bikin kompos tapi malah sudah ada kompos yang jadi? Yups. Kompos ini digunakan sebagai starter gaes. Apa sih starter itu? Jadi starter disini adalah bantuan untuk mempercepat proses pengomposan.

Emang kalau nggak pake kompos ngga bisa jadi? Yaa bisa sih, tapi waktu yang dibutuhkan akan lebih lama. Oke, lanjut step berikutnya ya. Selanjutnya adalah campurkan sampah sisa makanan tadi dengan kompos yang sudah dimasukkan ke takakura. Aduk-aduklah hingga tercampur rata. Setelah itu tutup dengan bantalan sekam.

Btw bantalan sekam itu kaya apa sih? Itu lo gaes, bantal yang isinya sekam. Bukan spons atau kapuk yang biasa buat tidur. Kenapa harus pakai sekam bang? Karena skam itu nggak nyarep air jadi kalau kena air dia ngga ikut membusuk. Skam ini juga bisa menjaga kelembaban isi dalam takakuanya dan juga untuk meredam bau dari sampah –sampah tadi gaes. Ngerti kan sekarang?

Kalau udah ditutup diapain lagi bang?

Ya udah deh tiggal tunggu komposnya jadi, kira kira 3-4 minggu. Untuk pembuatan selanjutnya kalian bisa menggunakan sebagian kompos ini untuk state lagi. Gampang kan….Yaa

Oleh : Rauf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *