Wednesday, 18 October 2017 Salam Pramuka!!

Orientasi Medan

Orientasi Medan yang sering disingkat Ormed merupakan salah satu kegiatan yang ada di Pramuka ITS. Kegiatan ini meliputi susur pantai, mendaki lereng terjal, melintasi hamparan sawah nan hijau, menyaksikan matahari terbenam…. cuma sekelumit kenangan manis yang kami miliki dari kegiatan yang satu ini.

Berawal dari untuk melaksanakan salah satu Syarat Kecakapan Umum Pandega, yaitu pernah berkemah beberapa hari sedikitnya 2 kali, dan menyelenggarakan atau memimpin perkemahan sedikitnya 1 kali, serta mampu membuat laporan menggunakan peta, kompas dan lain-lain, maka Orientasi Medan ini diadakan.

Kegiatan di alam bebas, bisa dibilang sesuatu yang sulit dilaksanakan. Dengan seabreg aktivitas yang dimiliki kakak-kakak anggota Racana yang hampir semuanya mahasiswa ITS, jarang-jarang kita bisa refreshing naik gunung atau sekedar berkemah di akhir minggu. Makanya, wajar saja kalau Ormed menjadi kegiatan yang paling dikangeni kakak-kakak anggota Racana Putra Putri Sepuluh Nopember.

Satu hal yang diakui jadi kelebihan Ormed adalah dalam mengakrabkan Tamu Racana dan kakak-kakaknya di racana. Bagaimana tidak, bepergian dengan orang yang sama selama 4-5 hari dalam suatu kondisi yang nyaris terisolasi dari peradaban modern, di mana kita dituntut untuk bisa bertahan hidup dengan segala kemampuan, mau tidak mau memaksa kita untuk mau membantu dan menerima bantuan dari orang lain. Ada kalanya kita tidak menemui manusia lain selain teman-teman kita, membuat interaksi antara kita lebih tinggi dari biasanya. Segala kesulitan dihadapi bersama, suka duka dirasakan bersama.