Monday, 11 December 2017 Salam Pramuka!!

Orientasi Kepramukaan Jilid II

Setelah mengikuti kegiatan JOTA-JOTI di KWARDA JATIM, Racana dan Tamu juga melaksanakan Perkemahan Sabtu Minggu sekalian ada kelanjutan Materi OK sesi 2 pada esok hari (Minggu, 22/10). Diawali dengan apel pembukaan, acara Malam Minggu diisi dengan sharing-sharing ringan tentang Racana sekaligus Review materi sebelumnya. Tak lupa setelah itu acara api Unggun dan bernyanyi bersama.

Pagi Hari (22/10), diawali giat pagi dan berolahraga, kemudian dilanjutkan materi OK sesi 2 yaitu teknik memasak dialam bebas dengan beberapa peralatan. Mulai dari peralatan standar camping sampai peralatan darurat yang didapat dialam bebas. Seperti memasak dengan Kelapa, dengan daun dan bamboo.

Selanjutnya Peserta langsung praktek memasak sekalian buat sarapan, yang unik didini adalah memasak nasi dengan menggunakan Bambu. Pertama beras dibersihkan, kemudian dimasukkan kedalam bamboo yang masih basah, setelah itu dibakat dengan api sedang biar tidak cepat gosong tau terbakar bambunya, dan Alhamdulillah nasi yang dihasilkan cukup bagus.

A post shared by Pramuka ITS (@pramukaits) on


Setelah sarapan dari hasil praktek Lapangan, dilaksanakan materi selanjutnya yaitu Survival dengan pemateri kak Jeni. Dalam sesi ini para Tamu diajarkan bagaimana mempersiapkan kelengkapan sebelum berkegiatan kealam bebas, kemudian diajari bagaimana manajemen perbekalan sampai teknik teknik mencari air. Tak lupa setelah materi dilaksanakan sesi Tanya jawab, berdiskusi dan sharing pengalaman selama berkegiatan dialam bebas.(Totok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *