Wednesday, 18 October 2017 Salam Pramuka!!

Malam Ulang Janji dan Kontemplasi di Hari Pramuka-56

Minggu, 13 Agustus 2017 menjelang peringatan Hari Pramuka yang ke-56. Gugusdepan Surabaya 610-611 melaksanakan prosesi ulang janji dan renungan malam. Acara ini dilaksanakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember kampus Sukolilo. Acara ini merupakan serangkaian acara peringatan Hari pramuka, setelah sore hari melakukan Ziarah ke makam pendiri Gugusdepan.

Acara diawalai pada pukul 23.00 WIB dengan Apel ulang Janji, pengucapan Tri Satya dipimpin oleh pembina apel, dan diikuti oleh seluruh peserta apel baik dari Racana maupun pembina. Kemudian ada amanat dari pembina apel dan diakhiri dengan doa.

Dalam amanatnya, pembina berpesan untuk selalu berpegang teguh pada kode kehormatan pramuka yang berupa janji try satya dan ketentuan moral berupa dasa dharma.

Kode kehormatan itulah yang menjadi ruh dan ciri dari Pramuka dibanding dengan organisasi yang lainnya. Setelah prosesi ulang janji selesai, acara dilanjutkan dengan renungan atau kontemplasi yang dipandu oleh pembina senior gugusdepan, kak Tri Wibowo.

Banyak sekali evaluasi, pesan moral, dan harapan-harapan yang membangun tentang gugusdepan khususnya dan gerakan pramuka pada umumnya.(Totok/Sby)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *