Monday, 11 December 2017 Salam Pramuka!!

Latihan Rutin Racana : Belajar Survival di Gunung Penanggungan

Ada yang beda dengan latihan rutin Racana Sepuluh Nopember kali ini. Bidang yang menangani Latihan rutin mengagendakan Latihan rutin di Gunung Penanggungan dgn Materi Survival. Sebagai
organisasi yang sering melakukan kegiatan petualangan di alam terbuka, Racana Sepuluh Nopember merasa perlu dan wajib untuk mendapatkan pengetahuan mengenai Ilmu Survival.

Bertempat di Gunung Penanggungan Trawas – Kabupaten Mojokerto para anggota melaksanakan Materi survival sekaligus Praktek Langsung dilapangan. Ada beberapa materi inti yang disampaikan diantaranya Teknik mencari air dan Manajement perbekalan.

Jumat Malam (13/10) dengan bersepeda Motor, Peserta berangkat dari Sanggar menuju Trawas, dan sampai di Pos Pendakian sekitar Tengah Malam. Peserta Istirahat sejenak, kemudian Breafing sebelum pendakian. Pendakian dimulai pada dini hari sekitar pukul 01.00 WIB melalui pos Tamiajeng. Pendakian berjalan lancar, Sekitar pukul 04.00 WIB sampailah di Puncak Bayangan, peserta sholat shubuh kemudian istirahat sejenak dilanjut giat pagi, olahraga dan memasak.

Setelah Sarapan (14/10) dimulai Materi pertama tentang Teknik Pencarian Air oleh kak Arga, sekaligus praktek Lapangan. Sore Hari ada materi tentang manajemen perbekalan, dalam materi ini, Racana juga sharing materi bersama pecinta alam Universitas Wisnu Whardana Malang yang kebetulan juga melakukan pendakian hari itu.

Malam hari Sambil menikmati Api Unggun dan Taburan bintang dilangit diadakan sharing-sharing tentang survival dan juga kegiatan outdoor, menjelang tengah malam para peserta istirahat. Sekitar pukul 02.00 WIB (15/10) peserta melakukan Summit Attact ke Puncak Penanggungan. Setelah menikmati Sun Rise dipuncak, para peserta kembali turun ke puncak bayangan, untuk masak sarapan dan persiapan turun. Sekitar pukul 10.00 WIB semua peserta mulai turun dan sampai di pos Tamiajeng sekitar pukul 13.00 WIB. Peserta bersih diri, makan siang dan Perjalanan Balik ke Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *