Thursday, 23 November 2017 Salam Pramuka!!

Keterkaitan Pramuka dan Teknologi

Apa jadinya jika pramuka bertemu dengan teknologi? Nuansa ini ditampilkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka ITS dalam Kontes Pramuka Terampil 2012. Setelah empat kali diadakan, tahun ini Tim Sangga Pramuka SMA ditantang untuk berkompetisi di bidang teknologi. Sebanyak 27 tim Sangga dari 11 kabupaten di Jawa Timur hadir memeriahkan kompetisi dua tahunan ini.

Pramuka bagi masyarakat umum lebih terkenal dengan kecakapan tali-temali dan berkemah. Namun, dalam Kontes Pramuka Terampil 2012, Pramuka justru hadir dengan nuansa teknologi yang kental. ‘Pramuka jaman sekarang juga harus mahir menggunakan teknologi modern,’ ungkap Novadilila Handa Putra, panitia dari UKM Pramuka ITS.

Tema yang diusung untuk tahun ini adalah Berteknologi, Berseni, dan Berkarya untuk Indonesia. Empat rangkaian kata tersebut digunakan untuk mencerminkan kedekatan penggiat pramuka dengan teknologi.

Selama empat hari kompetisi berlangsung, setiap tim dihadapkan dengan tantangan adu kreativitas dalam bidang robot line tracer, roket air, konstruksi jembatan es krim, cerdas cermat, dan desain grafis. “Kecakapan dalam berteknologi yang akan memberi nilai tambah bagi mereka disamping keterampilan pramuka pada umumnya,” kata mahasiswa yang akrab dipanggil Handa ini.

Setiap produk robot maupun roket yang diperlombakan merupakan hasil rancangan setiap tim sendiri. Untuk roket, secara teknis produk mereka cukup menggunakan tenaga air untuk dapat meluncur mencapai jarak tertentu. Sementara robot rancangan siswa SMA tersebut harus dapat melewati lintasan line tracer dalam waktu sesingkat mungkin.

Meski menggunakan basis teknologi dalam variasi kompetisinya, tradisi keterampilan dasar seorang pramuka tetap dipertahankan. Hal ini ditunjukkan dengan kecakapan setiap tim mendirikan tenda di depan Perpustakaan Pusat ITS dengan menggunakan teknik tali temali. Tidak hanya tenda, tiang bendera dan perlengkapan pendukung mereka rangkai dengan metode tradisional.

| Sumber : http://irfantelematika.blogspot.co.id/2014/04/keterkaitan-pramuka-dan-teknologi.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *