Monday, 11 December 2017 Salam Pramuka!!

Gowes Sepedamu Rengkuh Kemerdekaanmu

SURABAYA – Udara pagi, Sabtu 19 Agustus 2017 yang masih terasa segar mengiringi keberangkatan rombongan sepeda gowes kemerdekaan. Acara yang digagas untuk memperingati 72 tahun Indonesia Merdeka sekaligus peringatan 56 tahun Gerakan Pramuka oleh Gugusdepan Surabaya 610-611 (PRamuka ITS) dimulai dari titik kumpul Sanggar Pramuka ITS. Kegiatan ini diikuti oleh anggota Racana Sepuluh Nopember berserta para Pembina Gugusdepan ini begitu meriah dengan berbagai jenis sepeda yang digunakan.

Bersepeda merupakan salah satu kegiatan positif untuk menyalurkan hobi anggota pramuka, kegiatan bersepeda tidak begitu asing bagi anggota Gugusdepan Surabaya 610-611 karena sejak dulu sering diadakan kegiatan bersepeda.

“Jadi teringat kegiatan bersepeda ke Pamekasan yang menempuh jarak hampir 100 km,” kata Kak Dodi Kurniadi Wibowo salah satu Pembina Gugusdepan Surabaya 611.

Rute yang diambil pada gowes kali ini cukup panjang, yaitu dimulai dari sanggar pramuka ITS – Jl. Arif rahman hakim – Jl. Ir. Soekarno – Panjang Jiwo – Prapen – Wonokromo – Taman Bungkul – Embong Malang – Tugu Pahlawan – Pelabuhan Penyebrangan – Kamal – Pelabuhan Penyebrangan – Kalisosok – House of Sampoerna – Jembatan Merah – Kenjeran – Finish (Sanggar Pramuka ITS).

Pemilihan rute itu disesuaikan dengan tema kegiatan yaitu “Gowes Sepedamu Rengkuh Kemerdekaanmu” dengan mengambil tempat-tempat bersejarah dan juga landmark (red: ikon) kota Surabaya untuk mengenang sejarah dan jasa para pahlawan.

Selain sebagai sebuah kegiatan positig, bersepeda adalah salah satu cara untuk menerapkan metode pendidikan di Pramuka yaitu kegiatan yang menarik dan menyenangkan, selain itu melalui bersepeda yang dikemas menarik bisa dijadikan sarana belajar (learning by doing) mengenai sejarah yang ada di Surabaya. (Jeni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *