Thursday, 23 November 2017 Salam Pramuka!!

Giat Pramuka Berbasis Teknologi

Ingin mengubah paradigma bahwa pramuka tidak hanya sebatas tepuk tangan dan main-main, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka ITS mengadakan perlombaan yang berbasis teknologi untuk seluruh pramuka di daerah Jawa Timur. Bertempat di lapangan depan perpustakaan pusat, acara yang dimulai mulai kamis (16/10) hingga minggu (19/10) dibuka oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA di lapangan Alumni ITS pada Jumat (17/10).

Panji Feryanto, ketua panitia, menjelaskan bahwa konsep acara ini adalah pramuka berbasis teknologi. Lomba yang sudah kelima kalinya diadakan sejak 2006 oleh UKM pramuka ini mempunya tujuh kategori lomba, yaitu bridge design, aeromodeling, line tracer, hidromodeling, pionering, water rocket, dan smart scout contest.

kpt-2014-its

Tercatat, 46 tim yang terdaftar pada acara ini. Tiap tim beranggotakan sepuluh orang. “Tim terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu putra dan putri. Putra berjumlah 27 tim sedangkan putri terdapat 19 tim. Jadi keseluruhan peserta adalah 460 peserta,” ujar Panji.

Sementara itu, lomba terbagi menjadi dua sesi, yaitu pembuatan alat pada hari Jumat (17/10) sedangkan pada hari sabtu merupakan pengujian alat. “Pengujian alat berada di luar ITS karena lapangan-lapangan di ITS masih belum memenuhi kriteria, terutama aeromodeling,” ujar Panji.

Panji mengaku, juri yang tergabung dalam perlombaan mayoritas berasal dari luar ITS. “Kami mendatangkan juri dari Unair, Unesa, ISIP Ponorogo, dan Gontor. Kami memilih juri yang setidaknya paham tentang pramuka,” ujar Panji. Mengenai juri yang berasal dari ITS, panitia akan mengundang dosen-dosen yang berkaitan mengenai lomba yang memiliki pemahaman mengenai pramuka.

Pemenang akan mendapatkan piala bergilir yang telah bergilir mulai tahun 2006. “Sampai sekarang belum ada yang belum pernah yang mendapat piala tersebut. Syarat mendapatkan piala harus menang selama tiga kali berturut-turut perlombaan,” ujar Panji. (oti/ady)

| ITS Net : https://www.its.ac.id/berita/14183/en

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *