Thursday, 23 November 2017 Salam Pramuka!!

Donor Darah UKM Pramuka

Racana Putra-Putri Sepuluh Nopember (RPPSN), Gudep Surabaya 610-611, Pangkalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember–Surabaya, dalam hal ini melalui Unit Kegiatan Mahasiswa mengawali kegiatan “Donor Darah Rutin 2013 “ pada bulan Februari. Donor darah ini diselenggarakan tiga kali dalam setahun , yaitu bulan Februari, Mei dan November.

Bekerja sama dengan pihak Rektorat ITS, UDD PMI Kota Surabaya , UDD PMI Kota Mojokerto dan beberapa Jurusan di ITS, Donor Darah ini diselenggarakan di lima tempat berbeda di Kampus ITS, yaitu bertempat di Plaza dr.Angka, Jurusan Biologi, Fakultas Teknologi Kelautan, Teknik Lingkungan dan Teknik Industri.

Dalam donor darah kali ini, Civitas Akademika ITS ( Mahasiswa, Dosen, Karyawan), Pembina, masyarakat sekitar kampus dan Alumni berperan aktif menyukseskan acara tersebut dengan menyumbangkan darahnya. Dalam kegiatan ini, dapat dihasilkan lebih dari 350 kantong darah.
Menurut Kak Auliya Rahmah selaku ketua Sangga Kerja, “Kegiatan ini selain sebagai ajang pembelajaran bagi anggota Racana tentang Manajemen Keorganisasian, juga sebagai bentuk aksi sosial atau sebagai bentuk kepedulian RPPSN untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI), dalam menyediakan kuantitas dan kualitas darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Sebenarnya antusiasme pendonor cukup tinggi, tetapi karena persyaratan untuk menjadi pendonor tidak terpenuhi, baik HB, tekanan darah dan berat badan, maka terpaksa kami tolak,” ungkap petugas PMI.

“Aksi sosial donor darah ini merupakan suatu wujud nyata kepedulian Racana terhadap sesama umat manusia, dan kami harap kegiatan yang sangat bermanfaat ini bisa terus ditingkatkan dan dengan inovasi pengemasan acara agar tidak monoton dan membosankan, sehingga pendonor lebih antusias lagi,” ungkap Ketua Racana Putri Sepuluh Nopember.

Kegiatan donor darah ini bersifat sukarela, namun pihak Sangga Kerja menyediakan sejumlah doorprize berupa HandPhone, Flashdisk, Boneka, Payung, Mug Cantik dan lain–lain agar para pendonor lebih bersemangat. Selain doorprize, sangga kerja juga menyediakan layanan gratis Cek Mata, Gula Darah, Asam Urat dan Kolesterol.

Dalam kegiatan donor darah ini, ada sesuatu yang unik, yaitu “Kolak Kacang Hijau”, dimana kolak ini merupakan masakan dari anggota Racana sendiri dan begitu dinanti oleh pendonor rutin di Donor Darah Racana. Kolak ini dimasak sendiri pada malam hari. Hal ini bertujuan selain untuk belajar memasak kolak juga sebagai momentum pengakraban antar anggota Racana.

“Yang Saya nanti di Donor Darah Pramuka itu, ya kolak kacang ijonya,” ungkap karyawan Kemahasiswaan ITS.

| Sitha (Calon Pandega) / Humas Racana Putra-Putri Sepuluh Nopember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *