Monday, 11 December 2017 Salam Pramuka!!

Coming Soon Kontes Pramuka Terampil (KPT)

Kegiatan pramuka adalah kegiatan yang dilakukan dengan pedoman “Metode Kepramukaan” dan selalu berpegang teguh pada “Prinsip dasar kepramukaan”. Setidaknya itulah pegangan dari Racana Sepuluh Nopember atau Pramuka ITS dalam membuat berbagai macam kegiatan ditambah dengan basic lingkungan kita di kampus teknik. Jadi bukan sesuatu yang aneh jika kami memadukan wawasan teknologi dan kepramukaan dalam beberapa kegiatan kami.

Kontes Pramuka Terampil (KPT) adalah salah satunya, kegiatan khas dari Racana Sepuluh Nopember. Kegiatan perlombaan yang diperuntukkan bagi Penegak/Pramuka SMA se-Jawa Timur. Kegiatan perlombaan Pramuka yang berbasis teknologi.

KPT ini bisa dikatakan unik karena sangat berbeda dengan kegiatan Pramuka pada umumnya, biasanya Pramuka
identik dengan kegiatan penjelajahan, adu yel yel dan juga penjelajahan. Dalam KPT ini ada satu jenis lomba yang khas dan ada dalam setiap KPT dari tahun ketahun, yaitu Robot Line Tracer dan desain Jembatan.

Selain itu ada mata lomba lain, diantara yang pernah dilaksanakan adalah Hydro Modelling, Web Desain, Aero Modelling, Smart Scout Contest, Water Rocket, Pioneering, Mascot Contest, dan masih banyak lagi mata lomba penunjang yang lainnya.

Kontes Pramuka Terampil ini dilaksanakan setiap 2 tahun sekali oleh dengan memperebutkan Piala Gubernur Jatim untuk masing – masing satuan (Putra dan Putri). Terakhir KPT dilaksanakan pada 2014, seharusnya untuk KPT selanjutnya dilaksanakan pada tahun 2016, namun karena berbarengan dengan kegiatan-kegiatan besar lainnya pelaksanaan KPT direncanakan pada 2018.

Semoga KPT 2018 bisa terlaksana, karena event ini sudah ditunggu-tunggu oleh Pramuka Penegak se-Jawa Timur. Pantau terus informasi dari Racana Sepuluh Nopember baik di Instagram, Twitter @PramukaITS, atau di website ini. (Totok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *