Monday, 11 December 2017 Salam Pramuka!!

Apa sih sebenarnya yang menarik dari Kemah Gudep?

Sebelum berbicara tentang itu ada baiknya kita tahu dulu apa itu Kemah Gudep. Kemah gudep adalah kegiatan perkemahan yang dalam hal ini dilakukan oleh anggota Gugus Depan Surabaya 610-611 Pangkalan Kampus ITS Surabaya. Meskipun berpangkalan di Kampus ITS anggotaya tidak melulu dari mahasiswa ITS. Ada banyak juga dari kampus lain, yaitu dari Unesa, Stikom, Untag, Unitomo. Bahkan juga dari usia yang lebih muda lagi (penegak/penggalang) yang berasal dari warga sekitar pangkalan (kampus).

Dokumentasi Kemah Gudep 2004

Tidak ada aturan baku tentang bagaimana bentuk perkemahaan itu. Hanya saja ada hal yang setiap pelaksanaan Kemah Gudep selalu menjadi pertimbangan demi mempertahankan kekhasan kegiatan. Seperti misalnya, diadakan di tempat sejuk/gunung/bukit -meskipun pernah juga Kemah Gudep di daerah panas- , merupakan tempat yg belum pernah dipakai Kemah Gudep sebelumnya, dan pemilihan waktu pada saat libur sekolah.

Pemilihan waktu itu penting karena kemah ini bisa dibilang satu – satunya acara di Gugus Depan yg berkemah dan bisa diikuti dengan asyik oleh Pembina (berusia di atas 25 tahun atau sudah menikah). Sudah menjadi ikon acara setiap tahun dan sangat ditunggu oleh Satuan Pembina yang kita tahu rata – rata sudah bekerja dan sulit mendapat kesempatan untuk berkemah.

Dokumentasi Kemah Gudep 2010

Kembali ke pertanyaan pembuka tulisan ini. Apa sih yang menarik? Acaranya? Momennya? Atau lokasinya? Silakan tulis pendapat Anda di kolom komentar. (dkw)

3 Comments

  • Achoy

    Yang pertama menurut saya momennya, bisa menjadi ajang yang keren dan kekeluargaan.

    Kalo acaranya menarik akan semakin mengesankan, pun jika lokasinya mendukung pastinya akan gak sabar nunggu momen berikutnya.

  • FBI

    Menurut saya momennya
    Momen ketemu kumpul bareng
    Hanya di kemah gudep kegiatannya santai dan fleksibel
    Waktu untuk bercengkrama lebih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *